Halaman

Senin, 09 Januari 2012

Eksistensi pasar tradisional




Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, kebutuhan yang semakin kompleks serta pertumbuhan ekonomi yang semakin berkembang, maka keberadaan pasar tradisional di tengah-tengah maraknya gedung-gedung mall yang menjulang tinggi dengan segala fasilitasnya ini perlu diperhatikan.
Karena jika masalah ini tidak segera ditangani, maka akan banyak dampak negatif yang ditimbulkan. Salah satu diantaranya yaitu pertarungan sengit antara pedagang tradisional dengan pasar modern yang menjadi fenomena umum pada era globalisasi ini. Jika Pemerintah tak hati-hati, dengan membina keduanya supaya sinergis, Pasar Modern justru akan membuat semua pedagang tradisional mati secara sistematis.
Banyak permasalah yang dihadapi pasar tradisional yaitu pasar tradisional terkesan kumuh dibandingkan dengan pasar modern. Makanan siap saji yang terdapat di pasar tradisional juga terkesan tidak sehigienis dan semenarik makanan siap saji yang terdapat di pasar modern, missal saja cemplon yang dijajakan di pasar tradisional dibandingkan dengan burger yang terdapat di pasar modern. Dengan adanya hal ini otomatis akan menghenikan keeksistensian pasar tradisional secara perlahan. Selain itu, pekembangan zaman yang semakin maju menuntut manusia untuk serba praktis, dan pasar modern adalah jawabannya.
Tidak hanya itu saja, fasilitas yang sangat memadai dari pasar modern juga merupakan salah satu penyebab matinya eksistensi pasar tradisional. Pasar tradisional hanya akan menjadi tempat belanja ibu-ibu rumah tangga yang notabene keungangan mereka berada di standar bawah. Bahkan, para anak muda pun sekarang jarang sekali yang mau berbelanja bahkan sekedar melihat-lihat di pasar tradisional, mereka lebih tertarik belanja maupun jalan-jalan di mall-mall besar. Mereka merasa lebih nyaman belanja serta jalan-jalan di mall-mall besar dibandingkan berada di pasar tradisional karena kebersihan, fasilitas serta barang-barang yang disediakan di mall-mall lebih menarik di banding dengan di pasar tradisioanal.
Seharusnya keberadaan pasar tradisional ini harus lebih didkukung lagi agar tetap terjaga keeksistensiannya. Hal ini bisa direalisasikan dengan cara pemerintah memberikan tempat untuk pasar-pasar tradisional yang lebih bagus sehingga terkesan lebih nyaman dan bersih, selain itu pasar-pasar tradisional juga harus ditunjang dengan fasilitas-fasilitas yang tidak jauh dari fasilitas-fasilitas seperti pasar modern, meskipun tidak harus sama persis. Dengan demikian, kita masih bisa berbelanja di pasar tradisional yang harganya relative murah dan keeksistensian pasar tradisional pun tetap terjaga walaupun semakin hari psar-pasar modern bermunculan dengan tawaran-tawaran yang lebih menarik.

3 komentar:

  1. Mari kita ramaikan kembalai pasar tradisional, bangga lah dengan sistem perekonomian rakyat Indonesia. Sebagai penerus bangsa mari kita lestarikan keberadaan pasar tradisional. :)

    BalasHapus
  2. lw ak yg pntg murah enk bergizi

    BalasHapus